Senin, 25 Januari 2010

dampak sosial TI

• Proses & Komunikasi
– 1955, IBM 650 - 1st University machine
– 1960, IBM 1620 - 1st College machine [programer awal]
– 1964, 1st e-mail & personal computing [time sharing]
– 1975, jaringan komputer di kantor & jaringan
– 1980-an, ARPANet, NSFNet, BITNET
– 1990-an, INTERNET - WWW [era ubiquitous computing]
• Fungsi Komputer [sekarang], sebagai
– Pencacah bilangan & General purpose system
– Utility & tool
– Komunikator
– Search Engine
• Sejauh mana pengaruh TI ?
– Pemakai mulai berpaling dari elit professionally responsible ke
komunitas dengan berbagai kepentingan yang makin luas
– Very high level applications memungkinkan kemudahan bagi tiap
orang [trained, untrained, untrainable, the don’t-wannabetrained]
dapat membuat sebuah program.
• Tingkatan dampak ?
– Penggantian aktifitas langsung dengan sedikit perubahan pada
produktifitas
– Peningkatan berbagai aktifitas dengan perbaikan kecepatan dan
efisiensi
– Perluasan ke berbagai aktifitas yang dahulu belum bisa dilakukan
• Membagi ala DIJITAL ?
– High / low, on / off, true / false, biner
– Kaya dan miskin
– Sekolah favorit dan sekolah pinggiran
– Tua dan muda
– Laki-laki dan perempuan
– Orangtua dan anak
– Kota dan kampung
– Atasan dan bawahan
– Dosen dan non-dosen
• Membagi ala DIJITAL ?
– High / low, on / off, true / false, biner
– Kaya dan miskin
– Sekolah favorit dan sekolah pinggiran
– Tua dan muda
– Laki-laki dan perempuan
– Orangtua dan anak
– Kota dan kampung
– Atasan dan bawahan
– Dosen dan non-dosen
• Kehidupan manusia bertambah baik / buruk?
• Manusia sangat tergantung pada komputer ?
• Akibat kemajuan teknologi [selain TI], manusia
sangat tergantung pada:
– Mobil ?
– Minyak bumi ?
– Listrik ?
– Telefon ?
– TV ?
– Pesawat ?
Kini & Masa Depan
• Kehidupan
– Alat rumah-tangga: microwave, …..
– Alat hiburan: radio, TV, ….
– Alat komunikasi: telepon, …
– Mobil [pribadi]
– …………..
• Pendidikan
– Pelajaran + praktik TI tingkat PT/SMU/SMP/SD
– e-learning, online course, e-education
– Freeware, shareware, opensource
• Bisnis & Industri
– e-commerce
– e-banking
– expert system [AI]
– CAD/CAM/CAX ………
– Robotic
• Instansi/organisasi
– Komputerisasi / otomasi kantor
– Tingkat kepegawaian
– Teleworking
– Efisiensi sumberdaya

• Sains & Teknologi (R & D)
– Lingkungan PT
– Lingkungan industri
– High Tech [Nano- /bio- /material- tech], bioinformatik
• Masalah
– Community change [indirect interactions]
– Cultural & National Sovereignty
– Workplace & economic impacts [organization & skills]
– Information impacts [equity of access, pricing,
regulation, consumer rights, privacy, e-freedoms]
– Legality & security [computer crime]

• Negatif ?
– Pengangguran, akibat otomatisasi
– Kriminal
• virus
• pembobolan
• pembajakan SW
• pencurian perangkat
– Privacy
• cracking / hacking ?
• pencurian informasi
• duplikasi & manipulasi informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar