Minggu, 06 Desember 2009

tugas mkalah

Makalah Tentang
Manfaat Internet Dalam Pendidikan
(GOOGLE)


Oleh :Karina yalischa
MI 1 Mandiri


2009/2010



DAFTAR ISI
Halaman
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN 2
1.1 Latar belakang 2
1.2 Tujuan pembahasan makalah 3
1.2.1 Tujuan umum 3
1.2.2 Tujuan khusus 3
1.3 Rumusan masalah 3
1.4 Metode pengumpulan data 3
BAB II PEMBAHASAN 4
2.1 Cara kerja mesin pencari 4
2.2 Sejarah Google 5
2.3 Pengguanaan Google sebagai mesin pencari yang efektif 6
2.3.1 Tips dan trik pencarian canggih di Google 6
BAB III PENUTUP 12
3.1 Kesimpulan 12
3.2 Saran 12
DAFTAR PUSTAKA 12





Hal 1

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pesatnya perkembangan zaman memicu peningkatan kebutuhan akan internet. Tidak terbayangkaan, apa yang harus dilakukan jika melakukan pencarian di internet tanpa adanya bantuan mesin pencari (Search engine). Miliaran halaman web tersedia di internet dan halaman-halaman tersebut selalu tumbuh setiap waktunya dan terus bertambah, baik selaku pihak yang ingin berbagi informasi dengan domain mereka sendiri, seperti kalangan perusahaan, penerbitan, pemberitaan, hobi, kelompok diskusi, catatan pribadi, opini pribadi, maupun melalui mesin-mesin yang menciptakan data dan informasi secara otomatis.
Seperti kita ketahui, sudah miliaran halaman web yang ada di internet. Bagaimana untuk mencari suatu halaman web? Jika Anda mencoba untuk membukanya satu persatu setiap halaman, tentu sesuatu yang tidak mudah. Kita bersyukur, dengan adanya mereka yang peduli dengan hal ini, sehingga pencarian suatu informasi tidaklah sesuatu yang sulit.
Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, maka kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan sebutan search engine. Search engine merupakan sekelompok mesin yang mengelola sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik, atau menampilkaan sesuatu dengan kata kunci yang diminta.
Teknologi internet yang semakin beragam tentunya berakibat pada tuntutan yang lebih bagi si pengguna. Seperti halnya adu cepat, kualitas dan kecepatan antara web browser seperti IE, Firefox, dan Opera untuk mengakses koneksi internet, hal yang sama terjadi juga pada mesin pencari. Dari sekian banyak mesin pencari, yang populer diantaranya adalah sebagai beriku :
 Google, beralamatkan di www.Google.com
 Yahoo!, beralamtkan di www.Yahoo.com
 Microsoft dengan MSN-nya, beralamtkan di www.msn.com
 Altavista, beralamtkan di www.Altavista.com dll.
Dari sekian banyak mesin pencari yang tersedia di internet, yang akan diulas lebih dalam lagi pada makalah ini adalah Google. Layanan ini dipilih dengan alasan mesin pencari tersebut merupakan mesin pencari yang cukup terkenal saat ini, berikut fitur-fitur yang mereka sediakan sangat membantu dalam proses pencarian informasi di dunia maya. Ditambah dengan dukungan berbagai fasilitas yang membuat para pengguna internet terkesan.
1.2 Tujuan pembahasan makalah
1.2.1 Tujuan umum
Makalah ini akan mengulas tentang mesin pencari yang bertujuan untuk membantu seseorang menemukan file yang disimpan dalam komputer misalnya dalam sebuah server umum di web (www).
Hal 2

1.2.2 Tujuan khusus
Makalah ini bertujuan mengulas lebih dalam lagi mengenai mesin pencari (Search engine) Google yang sangat populer di dunia maya (Internet), di dalam makalah ini juga akan diulas mengenai pencarian yang efektif menggunakan Google (Search engine) sehingga dapat mengoptimalkan dalam penggunaannya
1.3 Rumusan masalah
1.3.1 Bagaimanakah cara kerja mesin pencari (Google)?
1.3.2 Bagaimana sejarah munculnya Google?
1.3.3 Bagaimanakah menggunakan Google secara efektif?
1.4 Metode pengumpulan data
Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara :
• Membaca beberapa buku, literatur dan melakukan percobaan,
• Browsing internet.












Hal 3

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari (search engine) merupakan salah satu aplikasi program komputer yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan eksplorasi data, informasi dan pengetahuan dari internet. Diantara banyak mesin pencari, seperti yahoo, altavista, lycos, allfheweb dan atau search.msn, Google merupakan salah satu yang populer dan banyak digunakan. Seperti kebanyakan mesin pencari yang lain, Google dapat dijalankan dalam berbagai aplikasi peramban (browsing) seperti Internet Explorer, Netscape dan atau Mozilla melalui alamat www.google.com atau www.google.co.id (Indonesia). Secara umum mesin pencari akan memalacak informasi yang terdapat pada komputer sumber data yang terjaring dalam satu jejaring global seluruh dunia. Masing-masing mesin pencari memiliki ciri tersendiri dalam pelacakan, misalnya: kecepatan pelacakan, ketepatan informasi, kuantitas situs pelacakan, teknik penelusuran, format dokumen yang dapat diakses dan lain sebagainya.
Terbatasnya jumlah basis data berbahasa Indonesia akan berpengaruh pada jumlah hasil pelacakan yang dilakukan. Penggunaan bahasa Inggris lebih menjamin kesuksesan pencarian karena variasi dokumen/informasi yang lebih banyak tersedia dalam Internet menggunakan bahasa tersebut.
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan data tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW, melalui web crawler. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler-browser web otomatis yang mengikuti setiap tautan yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag).
Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer atau autoritatif daripada yang lain.
Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil terbaik lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan-urutan halaman itu diperlihatkan sangat bervariasi. Metode-metodenya akan berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Google merupakan mesin pencari yang termasuk terbanyak digunakan di dunia
Hal 4
. Tidak hanya kecanggihan yang dimilikinya, namun juga layanan komunikasi dengan penggunanya yang menggunakan bahasa indonesia, Jawa, Sunda dan masih banyak lagi bahasa lainnya.
Sebagai satu kesatuan sistem untuk melayani Anda dalam pencarian informasi diantara miliaran halaman web yang terdapat di internet, Google menggunakan kombinasi yang unik antara perangkat keras dan lunak yang canggih. Kecepatan pencarian yang tinggi adalah hasil dari efisiansi algloritma penacarian yang dilakukan oleh beberapa ribu komputer yang berbiaya rendah, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang cukup cepat.
2.2 Sejarah Google
Siapa yang tidak mengenal Google. Bagi semua peselancar dunia cyber pasti sudah sangat akrab dengan Google. Google sangat terkenal dengan mesin pencari di rimba belantara dunia maya. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata sandi yang diinginkan maka Google akan melacak dan mencari informasi apapun yang diinginkan. Google dengan dua “o” pun unik, sebab jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah “o” akan muncul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari.
Kata Google berasal dari kata Googlo. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.
Tetapi tahukan Anda, Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24), yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.
Dalam pertemuan tanpa sengaja tadi, dua pendiri Google tersebut sering terlibat diskusi panjang. Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.
Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus.Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuana mereka terjadi pada pagi buta di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto. Larry dan Sergey memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama.
Melalui demo itu Andy setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google.
Hal 5
Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.
Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.
Misi Google adalah, “untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna.” Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai. Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang
2.3 Pengguanaan Google sebagai mesin pencari yang efektif
2.3.1 Tips dan trik pencarian canggih di Google
 Tool-tool Pencarian
I’m feeling lucky / Saya lagi beruntung
= Langsung dibawa (masuk) ke situs tujuan yang dianggap paling relevan
Misal: arrohwany
> “Akan langsung masuk situs www.arrohwany.web.id”
filetype
= Mencari suatu file dengan format tertentu
Misal: “laporan keuangan” .doc
bursa efek filetype:pdf
> “Akan ditampilkan file-file dengan format yang kita tentukan”
Diantara format file yang bisa dipakai:
• Microsoft Word Document => .doc
• Portable Document Format => .pdf
• Microsoft Power Point Slide => .pps
• Microsoft Power Point Presentation => .ppt
• Microsoft Excel => .xls
• Text Format => .txt
• Rich Text Format => .rtf
• Compiled HTML Help Modules => .chm
• dll sesuai dengan extensi file
Untuk format .mp3, wav atau file audio dan video Google telah memblock dengan jalan ini (menghindari pembajakan). Namun ada tips mencarinnya (Tips 4)
intittle
: Mencari suatu halaman sebuah web yang punya judul/title spesifik
Misal : intittle: arrohwany

Hal 6
> “hasilnya situs-situs yang tittle halaman webnya adalah arrohwany”
Seperti kita tahu bahwa setiap halaman web memiliki judul atau title. Kata bantu intitle berfungsi mencari dokumen spesifik yang mempunyai judul atau title yang kita tentukan, misalnya :
intitle:”index of” htpasswd
intitle:”admin login”
intitle:”restricted”
link
= Untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu.
Misal: link:arrohwany.web.id
> “Mencari situs yang mempunyai link ke www.arrohwany.web.id”
define
= Mencari tahu definisi suatu istilah tertentu
Misal: define:schizophrenia
info
= Mencari info tentang suatu alamat web
Misal: info: www.google.com
> “Mencari perihal informasi tentang google”
 Googling Tips
Tips 1: Gunakan Pencarian Canggih (Advanced Search)
= Untuk mencari hasil yang lebih spesifik
Tips 2: Pencarian Frase
= Gunakan tanda kutip untuk frasa kata (kumpulan dua kata atau lebih)
Maka Google akan memberikan dokumen yang persis (sangat tajam) memuat frase tersebut
Misal: “Introduction to SQL Injection”
Bisa juga menggunakan lebih dari 1 kelompok frasa
Misal: “arrohwany creatif” “gedong kuning”
Misal: “arrohwany gedong kuning”
Penggunaan lain:
“Allahouma Touba Aleyna”
> Maka kemungkinan besar Google akan memberikan segala sesuatu tentang lagu sami yusuf tersebut”
Ingat: “Google tidak menerima masukan kata kunci lebih dari 10 kata termasuk kata kunci. Lebih dari 10 maka kata kunci ke-11 dan seterusnya diabaikan Google”
Tips 3: Menggunakan Logika Boolean
Tanda “+” atau AND
= Mencari informasi yang mengandung dua kata atau lebih yang kita tentukan
Misal:
wallpaper + free + download

Hal 7
> Hasilnya adalah situs-situs yang setiap halaman mempunyai ketiga kata tersebut
Tanda “-”atau NOT
= Menghilangkan hasil pencarian yang tidak diinginkan
Misal: Gedong Kuning – arrohwany

> “situs-situs yang berhubungan dengan Gedong Kuning namun tidak akan mengkaitkan dengan segala yang berkaitan tentang arrohwany”
Sepeda + motor – honda
Sepeda + motor not honda
> “informasi tentang sepeda motor tapi tidak ingin yang ada hubungannya dengan Honda”
Tanda “OR”
= Mencari diantara dua kata atau lebih sebagai alternatif
Misal:
Indonesia + hacking or carding
> ” infor tentang kegiatan hacking atau carding di Indonesia”
Tips 4:site
= Mencari situs dengan domain tertentu
• Jika situs sudah jelas
> Langsung gunakan site:kata yang di cari
Misal:“gempa bumi” site:detik.com
• Jika lokasi situs masih samar
> Gunakan inurl:kata yang dicari
Misal: “muratal” site:multiply.com/music
Contoh aplikasi lain:
• Mencari file MSWord di situs militer
: filetype:doc site:.mil
• Lainya:
: “index of” + password site:.ac.id
: “login.asp” site:.go.au
Tips 5: Manfaatkan Directory index
Jika suatu folder/directory tidak mengandung file index (index.html, index.htm, index.php atau index.asp), maka akan ditampilkan daftar file yang ada di folder/directory tersebut, dan judul halaman tersebut menjadi “Index of /nama_folder”.
Mencari musik, buku, video, program, iso, dan lain-lain
> Tinggal tulis intitle:”index of”kata yang dicari
Misal: intitle:”index of” mp3 “Syekh Musyarri Rasyid”


Hal 8
Kata yang dicari bisa:
• iso
• ebook atau book
• mp3, wav, 3gp atau avi dll
• tgz, rar dll
Penggunaan lain mencari file mp3:
“index of” + mp3
“index of” + mp3s
“index of” + mp3 + murattal
“index of” + mp3 + “sami yusuf”
Tips 6: Manfaatkan Cache Google untuk death page
death page = halaman yang sudah tidak ada/terhapus /berganti namun sempat terindeks google. Ciri: google bisa mendapatkan result halaman itu, namun halaman itu tidak bisa dibuka. Biasanya cache ada disebelah bawah alamat web hasil pencarian google, jadi kita bisa manfaatkan salinan/cache yang sempat tersimpan di google itu
Tips 7: Mengkombinasikan berbagai option untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik
Misal: pdf “rapidshare.de/files” site:rapidshare.de
> “Mencari buku atau file pdf di rapidshare.de”
+inurl:exe|rar|zip site:rapidshare.de
> “Mencari program, aplikasi di rapidshare.de”
(Kita bisa mengganti site:rapidshare.de menjadi site:megaupload.com dll)
Tips 8:inurl
= Menemukan situs yang memiliki url tertentu > untuk tips-tips penggunaan seperti ini sangat banyak bisa kita dapatkan, namun maaf nggak ana kasih disini silahkan cari sendiri dan harap hanya untuk kebaikan dan ilmu saja
Misal: inurl: wwwboard/passwd.txt
> “Menghasilkan kurang lebih 139 links, yang masing-masing menampilan string yang ada di file passwd.txt (wwwBoard = message board basis CGI yang default passwordnya disimpan di file passwd.txt dengan format username:password”.
Penyaringan Informasi
Banyaknya informasi yang tersedia di internet seringkali menyebabkan information overloaded (banjir informasi). Penggunaan kata kunci yang tidak spesifik akan menghasilkan ribuan link berisi informasi yang bersesuain dalam segala bentuk ekstensi file. Terdapat dua teknik dasar untuk melakukan penyaringan (filterisasi) informasai yaitu, 1) menggunakan Simbol Matematik dan 2) menggunakn Simbol Boolean.
Penyaringan menggunakan Simbol Matematik,
Tanda Plus (+) digunakan untuk melacak dokumen/informasi yang memuat lebih dari satu kata kunci yang diinginkan. Sebagai contoh untuk melakukan pencarian populasi guru di suatu daerah, maka pada kotak pencarian dapat dituliskan:
Hal 9
Hasil pencarian merupakan dokumen/informasi yang mengandung ketiga kata kunci (popilasi, guru, surakarta) yang diinginkan. Dokumen/informasi yang hanya mengandung salah satu atau dua kata kunci yang dinginkan tidak akan ditampilkan.Penggunaan tanda plus bisa diterapkan untuk kata kunci dengan jumlah yang tidak terbatas, semakin banyak tanda plus (diantara kata kunci) maka semakin spesifik dokumen/informasi yang akan diperoleh. Baandingkan dengan pencarian tanpa menggunakan tanda plus diantara kata kunci,
Pencarian dengan kata kunci seperti tampilan di atas akan menghasilkan dokumen/informasi yang mengandung salah satu, dua atau seluruh kata kunci yang bisa dikenali.
Tanda Minus (-) sering digunakan bersama tanda plus dengan makna “kecuali”. Sebagai contoh untukmelakukan pencarian dokumen/informasi tentang pahlawan revolusi yang bukan jendral, maka pada kotak pencarian dapat dituliskan:
Seluruh dokumen/informasi yang mengandung kata pahlawan dan revolusi akan ditampilkan tapi “tidak” memunculkan kata jendral pada hasil pencarian.
Tanda Kutip (“) membantu penyaringan dengan hasil yang lebih “halus” dibandingkan penggunaan tanda plus dan atau minus (sekaligus). Hasil pencarian akan menghasilkan dokumen/informasi yang mengandung kata dan atau frasa yang sama persis dengan kata dan atau frasa yang berada dalam tanda kutip. Sebagai contoh, pencarian sejarah lagu Indonesia Raya, pada kotak pencarian dapat dituliskan,
Dokumen/informasi yang hanya mengandung salah satu atau sebagian dan atau tidak sama persis dengan kata kunci di atas tidak akan ditampilkan. Sebagai ilustrasi, bandingkan pencarian dokumen/informasi tentang definisi pembelajaran dengan memasukan kata kunci,
Tanda kutip dapat menampilkan dokumen/informasi yang sifatnya sangat spesifik dari hasil pencarian yang dilakukan. Ketiga simbol matematik di atas dapat digunakan bersama dengan variasi yang tepat untuk memperoleh hasil penyaringan yang lebih spesifik sesuai yang diinginkan.
Penyaringan menggunakan Simbol Boolean
Simbol Boolean lebih banyak dikenal sebagai sintak bahasa mesin yang mengandung perintah OR, AND dan NOT. Simbol OR merupakan padanan tanda spasi pada simbol matematik,
akan menampilkan hasil pencarian yang memiliki satu atau lebih (termasuk kombinasi dua atau lebih) kata kunci yang digunakan. Dengan simbol matematik dapat dituliskan
Hal 10
Simbol AND sama dengan tanda plus pada simbol matematik sedangkan simbol NOT merupakan padanan tanda minus pada simbol matematik.
dapat digantikan dengan simbol Boolean,
Seperti halnya simbol matematik, ketiga simbol Bolean di atas dapat digunakan bersama dengan variasi yang tepat untuk memperoleh hasil penyaringan yang lebih spesifik suai yang diinginkan.
Simbol Boolean yang tidak memiliki padanan simbol matematik adalah NEAR. Simbol ini digukan untuk mencari dokumen/informasi yang mengandung dua atau lebih kata kunci dengan jarak (jumlah kata diantara kata kunci) yang berdekatan. Kata kunci,
akan menghasilkan dokumen yang mengandung kata penelitian dan dosen yang dibatasi oleh kata lain dalam jumlah tertentu.Sebagai pelengkap simbol Boolean sering digunakan tanda kurung atau nesting yang memiliki fungsi sama halnya dengan tanda kurung pada operasi matematik biasa. Kata kunci dalam tanda kurung (dengan simbol Boolean tertentu) akan dioperasikan terlebih dahulu sebelum tanda diluar kurung. Misal,
akan melakukan pencarian dokumen/informasi yang mengandung kata organik atau anorganik (dan atau keduanya), dan hasil temuan akan mengandung kata kimia. Operasi substitusi matematik berlaku pada penggunaan tanda kurung dan variasi simbol Boolean ini.
Power Searching
Penggunaan simbol matematik dan terutama simbol Boolean seringkali sulit diterapkan dengan baik oleh sebagian pengguna dalam kasus pencarian tertentu. Hasil pencarian masih merupakan dokumen/informasi yang sifatnya umum (masih terlalu banyak) sehingga perlu dipilah lagi. Power searching merupakan simbol tambahan untuk lebih “mengarahkan” pencarian pada katagori tertentu yang merupakan atribut (bukan isi) dari suatu web site (situs).
Host Searching
Merupakan simbol pencarian informasi yang berasosiasi dengan tempat halaman situs di-host. Informasi yang terlacak adalah semua kategori situs, mulai dari halaman depan hingga sub direktori terkecil dalam satu web. Simbol pencarian,
merupakan asosiasi domain Universitas Sebelas Maret dengan alamat: www. uns.ac.id akan menghasilkan semua informasi yang berkait dengan halaman web yang dimiliki oleh Universitas Sebelas Maret, mulai dari halaman index (depan) hingga sumdirektori (link tombol-tombol navigasi).Host searching dapat dikombinasikan dengan mode pencarian menggunakan simbol matematik dan atau Boolean. Kata kunci,
.

Hal 11
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari paparan di atas adalah Google merupakan suatu search engine (mesin pencari) yang multifungsi dan luar biasa, kita dapat menjelajah dunia dengan Google.
3.2 Saran
Jika melakukan pencarian di internet, maka kita akan menggunakan fasilitas mesin pencari untuk memudahkan pencarian. Google adalah sebuah mesin pencari (Search engine) yang multifungsi dan memiliki fitur-fitur yang lengkap sehingga memudahkan kita dalam melakukan pencarian.
DAFTAR PUSTAKA
Febrian,Jack.2008.Menjelajah Dunia Dengan Google. Bandung:
Informatika.
Jubelee.2008.88 Trik Rahasia Google .Com.Jakarta: Alex Media Komputindo.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar